Jenis tulisan banyak sekali, baik yang berbentuk karya ilmiah, fiksi, novel, liputan berita dan lainnya. Keterampiran menulis memiliki banyak manfaaat loch! buat penulis, sebagai media eksistensi dan ekspresi diri, penulis juga bisa mengambil manfaat kebaikan yang disebarkan melalui tulisannya.
Menulis merupkan proses kreatif dari sesorang dalam mengungkapkan pemikiran dan persaaan melalui media tulisan entah kertas, atau pun website, atau pun media social lainnya.

Nah! Menulis ini menjadi salah satu media komunikasi dari penulis dan pembacanya. Sehingga terjadi transfer pengetahuan, pemahaman, tentang sesuatu atau pun kejadian. Jadi apabila pembaca mendapatkan inspirasi dan melakukan kebaikan, maka penulis bisa mendapat amalan baik dari karyanya itu, bahkan sampai akhirat.
Selain sebagai ladang amal melalui tulisan, menulis juga memacu kita untuk selalu berfikir dan kreatif, sehingga mengasah otak kita menjadi lebih tajam. Selain itu bisa menjadi lebih baik karena belajar berkomitment dengan diri sendiri, disiplin dan terstruktur, untuk berkarya.
Ketika akan menulis ada tips dari fesmus blog, semoga bermanfaat dan sukses selalu buat fesmuser
1. Apabila Anda menulis untuk mendapatkan pembaca yang luas, maka sebelum menulis coba untuk pahami pembaca kita. Topik apa saja yang paling ingin di baca oleh target pembaca kita.
Atau Anda hanya ingin berbagi pengalaman atau bercerita saja, tapi tetap topil dam cara penyampaian harus sesuai dengan target pembaca,
2. Tentukan topik apa yang ingin dituliskan, cari inspirasi dari kegitan kita sehari-hari, entah hasil melihat keadaan sekitar, pengalaman harian, dan lainnya. Banyak sekali hal yang bisa kita jadikan topic untuk tuliskan dari hasil pikiran kita dalam menjalani kehidupan. Seperti dari berita dalam social media, hal yang sedang menjadi viral, dan banyak lainnya.
3. Tentukan sudut pandang saat akan menulis, apakah bercerita dari pengalaman diri atau mengupas suatu topik
4. Tentukan kalimat pengantar, sebelum membicarakan topik yang akan kita ungkapkan. Kalimat atau pengantar ini diperlukan karena untuk menggiring pembaca untuk mudah memahami tulisan kita. Sehingga pembaca paham dan mengerti dengan karya tulis kita.
5. Biasakan kerangka tulisan terbuat secara terstruktur dan tidak loncat loncat, atau berputar-putar. Hal ini diperlukan agar jalan pikiran pembaca terstruktur dan mudah memahami tulisan. Misalnya bercerita tentang kegiatan pagi hari sampai siang hari, dari bangun tidur, mandi pagi, sarapan, dan seterusnya.
6. Nah, semua sudah terpikirkan, yuk mulai menuliskan bisa dalam kerta atau laptop. Jangan takut salah, ungkapkan dengan cara kamu seperti bercerita, pada orang lain. Ingat yak! Jika tulisan itu tidak boleh berisi hal- hal yang berisi hal yang merugikan orang lain dan tidak sesuai dengan hukum. aturan agama dan Negara.
7. Setelah selesai, baru tahapan editing, cek apakah ada kesalahan penulisan atau tanda baca yang terlewatkan. Struktur Bahasa yang mudah di mengerti menjadi patokan dalam tulisan
8. Tambahkan gambar atau photo yang mendukung tulisan kita sebagai penarik akhir.

Photo source Pexels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *