Berbisnis kita harus segara mulai bertindak (action) dalam mengambil kesempatan atau peluang. Selain bertindak kita juga harus merencanakan tindakan kita dengan mempersiapkan rencana bisnis atau bisnis plan. Bisnis plan digunakan untuk semua jeni bisnis yang dilakukan baik jual beli, barang atau jasa, baik area fashion, beauty, health, food & drinks, culinary, ataupun area bisnis lainnya. Semua ukuran usaha kita perlu bisnis plan, baik kecil, menengah bahkan usaha skala besar.  

Kapan sich! Kita perlu bisnis plan? Saat kita akan mulai berbisnis dan bertindak dalam bisnis kita perlu bisnis plan, dengan kata lain ketika akan memulai kita pun harus punya perencanaan bisnis. Tidak ada kata terlambat untuk membuat business plan karena kita sudah memiliki bisnis yang sudah berjalan pun tetap perlu, hal ini untuk menghindari bisnis yang stagnant alias mandeg, atau bahan menurun, dan sebagai senjata dalam bersaing di market. Yak! Pastinya kita ingin bisnis atau usaha kita terus berkembang dan tumbuh besar khan…

Bukan rahasia umum bahwa persangan bisnis sekarang dan akan datang akan lebih ketat dan semakin sengit untuk mendapatkan pembeli. Jadi mau tidak mau kita pun harus mempersiapkan diri dengan bisnis plan yang jitu, dengan harapan bisnis kita bisa terus tumbuh dan berkembang.
Nah! Kita coba bahas manfaat perencanan bisnis atau busines plan yang perlu kita ketahui, jadi bukan di pandang hanya sebuah teori saja (nyinyir cuma teori), betul fesmuser?

  • Keuntungan 1 sebagai arahan. Dimana business plan sebagai arahan dari business kita mau dibawa kemana. Disini terkait dengan goal atau tujuan dari bisnis, baik dalam jangka waktu pendek atau jangka waktu panjang. (misalnya target penjualan bulanan ataupun tahunan).
    Sebagai pemisalan, ketika kita akan berliburan ke daerah wisata baru yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Pasti kita akan kesulitan untuk menemukan arah ke hotel atau tempat tertentu. Hal ini akan mengakibatkan kita tersesat atau berkeliling sehingga menghabiskan waktu mencari hotel tersebut. Oleh karena itu apabila kita sudah punya arahan, atau petunjuk (peta) kita akan lebih mudah untuk menuju hotel, dan kita bisa menikmati liburan dengan menyenangkan.
  • Keuntungan ke 2 sebagai motivasi, dengan ada visi misi dan goal dari usaha kita dari business plan akan memberikan arahan yang akan memberikan motivasi kemana busins akan dituju. Misalnya goal yang di capai dari tiap tahun akan menjadi tujuan dari business untuk dicapai, missal target di tahun yang akan datang akan 2019 harus naik 15% dan seterusnya.
  • Keuntungan ke-3 dapat mendorong kita lebih kreatif, dengan adanya target dan termotivasi akan mendorong kita agar lebih meningkatkan kreatifitas dalam inovasi dan memasarkan produk atau jasa. Selalu mencari cara baru dan kreatif, dalam mengingkatkan penjualan. Seperti kita ketahui bisnis kita bisa lebih bertahan apabila dapat mengikuti pasar dengan kretifitas dan idea baru. Salah satu cara untuk bertahan dalam berbisnis adalah dengan kreatifitas.
  • Keuntungan ke-4 Mendorong terbentuknya strategy yang lebih menyeluruh. Dengan membuat perencanaan dan action dari business strategy kita bisa mendapatkan data atau feedback dari strategy yang pernah dilakukan sebelumnya. Sehingga dari data tersebut kita bisa merencanakan strategy yang comprehensive (menyeluruh) dan lebih mendapatkan gambaran yang beda dari perencanaan bisnis yang akan di lakukan dimasa yang akan datang. Hal ini juga menjadi tumpuan kita untuk dapat tetap bersaing di pasar. Hal ini juga terkait pencapaian financial yang di dalam pentingnya pembukuan keuangan
  • Keuntungan ke-5 dari business plan adalah rencana hasil pertumbuhan bisnis yang lebih focus dan terstrukur. Hal ini berimbas pada operational kita yang lebih baik, misalnya pembagian waktu atau jadwal management yang lebih baik, atau dengen pendelegasian pekerjaan yang sesuai target, sehingga waktu dan energi bisa terarah untuk focus mensukseskan bisnis. Sebagai pemilik bisnis akan lebih memiliki waktu yang effective dan efficient untuk bisnis dan kehidupan pribadi, betulkan?
  • Keuntungan ke-6 dari business plan adalah ketika kita mencari investor. Nah! Biasanya untuk investor profesional mereka akan minta bisnis plan. Jika kita sudah punya rencana bisnis plan yang baik, kita akan lebih mudah dan di percaya oleh investor untuk bersama-sama mengembangkan usaha

Nah! Itu dia alasan kenapa kita perlu bisnis plan atau prencanaan bisnis. Fesmuser bisa tunggu artikel selanjutnya tetang cara membuat bisnis plan. Semoga semua usaha dan bisnis kita tumbuh lancar dan di ridhoi Allah SWT, amin.

Photo source : Pexels

Categories: Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *