Ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan sebelum memulai bisnis. Salah satunya adalah pembukuan keuangan . Hal ini yang sering terlalaikan bahkan terlupakan terutama bagi pegusaha – pengusaha baru. Pembukuan  oleh pengusaha yang sudah berjalan lama, juga terkadang tidak di perhatikan dengan baik. 
Jika pembukuan keuangan tidak diterapkan dengan baik, bisa berakibat fatal bahkan menimbulkan banyak kerugian akibat tidak terkontrolnya keuangan perusahaan. Banyak pengusaha – pengusaha yang bangkrut karena tidak serius mengelola pembukuan keuangan ini .

Ada beberapa manfaat dari pengelolaan Pembukuan Keuangan Yang Baik, diantaranya :

  1. Melindungi Uang Perusahaan
    Dengan  adanya pengelolaan pembukuan, uang bisnis kita akan terlindungi. Ketika pengeluaran lebih besar dari pada pendapatan semua akan terpantau . Dan sesegera mungkin bisa kita antisipasi dan evaluasi untuk perkembangan bisnis kita.
  1. Menganalisa Sumber Pendapatan & Pengeluaran
    Kita akan mengetahui sumber pendapatan kita berasal dari mana saja. Dan mengontrol biaya pengeluaran yang setiap bulannya kita keluarkan.
  2. Mengetahui Posisi Keuangan
    Megetahui berapa uang usaha kita yang ada, termasuk piutang dan hutang, untung atau rugi, sisa modal berapa dan lain sebagainya bisa dengan mudah kita ketahui dengan adanya pengelolaan pembukuan ini.
  1. Pengambilan Keputusan Usaha
    Pengelolaan pembukuan keuangan bisa menjadi aspek penting dalam pengambilan keputusan usaha.  Bisa menjadi bahan evaluasi untuk usaha kita yang lebih baik .

Selain itu juga, ada beberapa hal sederhana namun sangat penting untuk diterapkan dalam menngelola keuangan usaha :

  1. Pisahkan Uang Pribadi dengan Uang Usaha. Kebanyakan pengusaha kadang menggabungkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha, agar keuangan usaha stabil dan terkontrol maka wajib bagi setiap pengusaha untuk memisahkan antara uang pribadi dan uang usaha.
  1. Anggarkan Pengeluaran, Membuat Anggaran pengeluaran usaha setiap bulannya,
  1. Tentukan Target, Tentukan Target pendapatan yang ingin kita capai dibulan ini dst
  1. Sisihkan Keuntungan untuk modal, Sisihkan keuntungan untuk menambah modal usaha. Agar usaha kita berkembang.
  1. Banyak Konsultasi, dan berbagi informasi dengan pengusaha – pengusaha lain. Nah! yang terakhir banyak – banyak konsultasi dengan teman – teman pengusaha lain yang sudah sukses. Agar kita dapat mengambil pelajaran dari mereka dan semangat serta terpacu untuk menjadi sukses juga.

Itu sedikit insight nya untuk fesmuser, semoga jualan atau bisnis kita semua menjadi lebih lancar, sukses, selalu mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT. Amin … dari Nur Tiara Aini untuk fesmus blog (Fesblog) di fesmus.com

Photo source pexels

One comment

Bagimana Pembukuan Usaha Kita?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *