Keseharian kita tidak lepas dari alas kaki atau sepatu. Untuk berkerja atau santai bisa memakai sepatu yang kita sukai. Selain untuk kenyamanan kaki, sepatu punya fungsi sebagai penunjang fashion dari pakaian kita. Nah! Banyak sekali jenis mode dari product sepatu, jenis bahan dan warna bahkan, terkait dengan Merk lokal atau pun asing dengan mudah di kita temui di Mall, atau secara online.

Berdasarkan informasi Kementerian Perdagangan, Indonesia adalah salah satu dari sepuluh produsen alas kaki dunia di dunia. Negara kita memiliki banyak persediaan bahan baku dari kulit, ikan pari, domba, ular, sapi, buaya, serat pohon dan lainnya. Hal ini membuat industri manufaktur sepatu olahraga dan kulit cukup mendapat dukungan untuk berkembang. Ketersediaan bahan baku di dalam negeri, memenuhi kebutuhan industri sepatu. Hal ini menjadi nilai lebih untuk manufaktur dimana dapat menekan biaya produksi dan operasi mereka. Skill dalam proses pembuatan sepatu, yang dimiliki dari para pekerja Indonesia juga tidak kalah dengan Negara besar seperti China, India, atau Negara tetangga lainnya. Selain itu adanya potensi jumlah penduduk terbesar sebagai nilai tambah jika dibandingkan dengan Negara tetangga. Sehingga product dari brand tersebut selain di ekport, tapi di targetkan untuk di jual di Indonesia juga. Dimana jumlah penduduk kelas menengah di Indonesia sangat banyak dan terus meningkat.

Dari semua potensi-potensi yang dimiliki Negara kita tersebut, seperti kita ketahui banyak sekali produk asing yang menjadikan Negara kita sebagai pusat produksi mereka, seperti sepatu Nike, Fila, Adidas, Asics, New Balance. Dalam kategori sepatu kulit seperti: Ecco, Eram, Geox dan Dan Marini Marco. Sehingga tidak heran jika kita sering menemukan tulisan “Made in Indonesia” dalam product sepatu kelas dunia.

Hal ini dialami sendiri oleh Pelangi seorang ibu pekerja, di saat liburan ke Jepang bulan November ini. Ketika sedang jalan liburan ke Jepang, ia menemukan Merk sepatu terkenal asal Jepang, berlabel “Made in Indonesia”. Pelangi pun dengan segera mengambil photo untuk di posting di social media. Dengan isi caption photo, ia mengungkapkan kebanggaan atas label “Made in Indonesia” yang tertera dalam product tersebut.

Semoga manufacturing sepatu di Indonesia dapat terus maju dan berkembang. Juga berharap dengan kemampuan dan potensi yang ada manufakture dan pengusaha sepatu di Indonesia, memiliki Merk yang bisa Go Internasional dan digemari pasar dunia. Oleh Fesmus blog (Fesblog)

Categories: Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *