Assalamualaikum sobat fesmuser yang dirahmati Allah. Alhamdulillah tinggal menghitung beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan. Jadi sebelum berpuasa alangkah lebih baik jika kita telah mengenal dan mecari tahu apa saja sih keutamaan bulan Ramadhan. Sesungguhnya Allah SWT telah mengistimewakan bulan ramadhan di antara bulan lainnya dengan keutamaan yang berlimpah, jadi sangat sayang apabila kita melewatkan kesempatan emas ini. Mari kita simak pembahasannya.

  1. Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Akibat dari banyaknya amal shalih di bulan ramadhan, seorang mukmin dimasukkan ke dalam pintu surga. Allah SWT membuka semua pintu surga di bulan ramadhan dan mengkhususkan pintu surga bagi seseorang yang berpuasa yang bernama Ar-Rayyan. Sebagaimana firman Allah yang berbunyi :

ادْخُلُوا الْجَنَّةَ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

“Masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan” (QS. An-Nahl 16: 32).

  1. DihapuskanNya dosa dan dikabulkanNya doa

Bulan ramadhan adalah bulan dihapuskannya dosa – dosa seorang hamba dimasa  lampau. Pasti setiap manusia memiliki dosa, sekalipun orang – orang yang alim. Sejatinya dosa diciptakan agar seseorang selalu berintrospeksi diri dan senantiasa menganggap dirinya jauh dari kesempurnaan, sehingga hatinya cenderung selalu bergantung kepada Allah SWT. Puasa juga mengajarkan kesabaran bagi orang mukmin yang membuat ditambahkannya pahala bahkan pahala yang berlipat ganda.

  1. Bulan diturunkannya Al-Quran

Di bulan Ramadhan, Al-Quran diturunkan oleh Rabb ke muka bumi sebagai petunjuk bagi orang – orang yang beriman. Sebagaimana pada jaman jahiliyah menyebabkan kemaksiatan terjadi dimana – mana, sehingga Al-Quran turun dengan membawa kebenaran, kecintaan, dan melarang berbagai kemaksiatan yang dimurkai oleh Nya. Al-Quran merupakan petunjuk bagi orang – orang yang bertakwa (QS. Al Baqarah 2: 2).

  1. Dibelenggunya setan – setan

Maksudnya disini adalah diikatnya setan – setan dengan menggunakan rantai. Meskipun kemaksiatan kerap terjadi selama bulan ramadhan, tampaknya yang dimaksud ‘dibelenggu’  disini adalah dibelenggunya setan dari upayanya menyesatkan manusia, jadi jalur masuknya setan dipersempit dengan berpuasa, jikapun ada kemaksiatan bisa jadi itu atas dasar nafsu manusia sendiri. Semoga kita bisa menahan diri dari berbagai kemaksiatan, hingga seterusnya setelah bulan puasa, aamiin.

  1. Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar adalah malam seribu bulan, artinya malam ini lebih baik dari malam – malam seribu bulan. Malam ini merupakan malam yag didambakan oleh setiap muslim pada saat bulan Ramadhan. Perbanyaklah berdoa dan bermunajat di malam 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. InsyaAllah doa kita akan diijabah dan akan mendapat pahala yang melimpah.

            Nah karena kita udah mengetahui keutamaan bulan ramadhan alangkah baiknya kalo kita mempersipkan diri dan niatkan untuk fokus beribadah, jadi jangan disia – siakan kesempatan satu bulan setahun ini ya! sobat fesmuser. Oleh Dita Hanifa (fesblog)

Photo source : Pexels

Categories: Informasi Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *