Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dengan berolah raga. Dalam Islam olah raga yang dianjurkan antara lain berkuda, berenang dan memanah. Sebagai cabang olah raga yang dinamis, panahan tentu didukung oleh peralatan rumit dan pengetahuan mengenai teknis panahan itu sendiri. Pemanah bahkan diajarkan bagaimana menghitung skor berdasarkan kejujuran, kesabaran dan ketelitian. Seorang pemanah mengalami tahapan target mulai dari 5 meter sampai ratusan meter. Dalam menjalankan aksinya yang penuh dengan konsentrasi tinggi tentu diperlukan kostum yang nyaman dan berjenis aerodinamis.

Kostum seorang pemanah seperti halnya olah raga lain, kaos selalu bertuliskan nomor atau nama, nama klub dan kota asal sang atlet. Adapun celana yang digunakan umumnya berupa training atau celana exercise yang berbahan kaus, lentur dan nyaman untuk outdoor maupun lapangan indoor.

Gaya berpakaian pemanah sangatlah bervariasi. Pada beberapa decade mengalami perubahan seiring dengan makin populernya oleh raga ini bahkan sudah merambahnya thema panahan ke industri film. Namun bagi pemanah yang fasionalbe, gaya berpakaian sangat mendukung performance nya terutama saat holding atau saat merilis anak panah dari bow, perhatian public dan juri akan berpusat padanya. Beberapa pemanah di lapangan bahkan menambahkan aksen atau warna khas pada kostumnya.

Beberapa gaya pemanah yang bisa ditemui pada saat acara Alphaseismic Creativepreneur dalam National Archery Competition di SMA Al Kausar Parung Kuda Sukabumi Jawa Barat pada 17-18 Februari 2018 lalu.

Lomba yang diikuti oleh pemula dan kategori prestasi ini (tingkat Sekolah Menengah Atas dan perorangan) banyak memunculkan inspirasi dan gaya menarik. Selain berolah raga fashion ketika memanah itu pun menjadi gaya tersendiri. Jadi berprestasi dan tetap bisa fashionable ketika belaga di lapangan bukan? oleh Yani Nurhayanti untuk Fesmus blog (Fesblog)

Photo by Pexels & koleksi pribadi Yani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *