Memiliki wajah yang sehat, bersih, flawless, mulus, dan kinclong pasti impian semua orang. Berbagai macam skincare dengan kandungan yang memiliki klaim ini-itu sudah banyak beredar dipasaran dan pastinya sudah banyak kita coba.

Tetapi kenapa wajah kita nggak mulus juga, ya? Padahal sudah double cleansing dan juga mengikuti 10 steps skincare ala perempuan Korea, atau bahan kosmetik lainnya.

Nah, coba sekarang intropeksi lagi, apa yang kita makan sudah benar atau belum? Karena ternyata apa yang kita makan sangat mempengaruhi kondisi kulit, lho. Jika jerawat sering timbul di kulit, bisa jadi makanan yang kamu konsumsi adalah sumber dari masalah tersebut.

Seperti saya, nih… Jerawat pasti akan timbul jika saya konsumsi berlebihan produk dairy atau mengandung susu. Selain produk mengandung dairy, apalagi sih sumber makanan yang mempengaruhi jerawat? Nah di sini Renata ada list makanan yang harus di hindari agar mengindari jerawat …

 

  1. Gula

Minum es teh manis, nyemil cake itu enak banget, kan? Tapi ternyata makanan dan  minuman yang mengandung pemanis tersebut dapat meningkatkan tingkat insulin yang mengarah ke peradangan dan akhirnya membentuk jerawat.

Jadi sebaiknya, kurangi konsumsi gula dan perbanyak makan buah dan camilan buatan sendiri untuk menjaga pori-pori tetap sehat.

 

  1. Gorengan

Pasti sudah tahu kalau makanan yang digoreng sebenarnya tidak sehat. Tapi sukar dipungkiri kalau makanan yang digoreng adalah favorit semua orang dan tidak bisa dipisahkan dari hidup kita.

Namun, mengkonsumsi makanan yang digoreng dapat menyebabkan kelebihan lemak yang membuat kulit kita tampak lebih kusam dan elastisitas berkurang. Gorengan dapat merusak nutrisi dan vitamin yang sangat penting bagi penampilan kulit dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Jadi, mulailah hidup sehat dengan mengurangi makanan yang digoreng.

 

  1. Dairy Product

Minum susu, makan es krim, atau frozen yoghurt tentunya memang menyehatkan. Tetapi ternyata produk olahan susu tersebut memicu timbulnya peningkatan hormon insulin dan IGF-1 sebagai pencetus jerawat.

Hal ini dikarenakan konsumsi olahan susu cenderung memiliki gula yang lebih banyak dan dapat meningkatkan risiko peningkatan hormon insulin saat dikonsumsi bersamaan dengan makanan manis lainnya. Jadi, hal ini berkaitan juga dengan konsumsi gula berlebih yang sudah dijelaskan pada poin 1. Dan dengan meningkatnya kadar insulin dan IGF-1 dalam darah akibat pola konsumsi tersebut akan memicu reaksi pertumbuhan sebum yang lebih cepat untuk berkembang menjadi jerawat.

 

  1. Alkohol

Bagi peminum minuman yang mengandong alkohol, selain akan menyebabkan jerawat, mengkonsumsi alkohol juga dapat membuat kulit terasa kering karena produksi urin meningkat. Ketika kulit kering, tubuh akan memproduksi lebih banyak minyak untuk menghidrasi kulit.

Selain mengkonsumsi alkohol, menggunakan produk mengandung alkohol juga dapat membuat kulit menjadi kering, peningkatan produksi minyak, dan membuat pori-pori membesar. Nah! Kenapa muslim dilarang meminum alcohol dan yang mengandung alcohol ini.

Islam telah memberikan arahan yang baik bagi kita agar tetap sehat  lahir dan batin, khan sis….

Semoga dengan menghindari makanan yang tidak bermanfaat dan mengkonsumsi makanan sehat dan organic dapat membuat kita menjadi sehat dan bias tetap beribadah pada Allah SWT menjadi lebih giat, Amin YRB… dari Renata Aprianti untuk fesblog. IG @renataaprianti

Categories: Tips & Trik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *