Gaya hidup sehat sekarang ini menjadi lifestyle yang sangat penting sekali, mulai banyak dari kita mulai sadar akan gaya hidup sehat termasuk makanan yang di konsumsi kita juga fesmuser, nah! Terlebih banyak zat kimia buatan yang masuk dalam makanan yang kita konsumsi ini tidak baik untuk kesehatan apabila di konsumsi dalam jangka waktu yang lama dan banyak.

Permasalahan penyakit keras pun sering muncul, bahkan banyak penyakit yang mengancam keselamatan gara-gara factor gaya hidup yang tidak sehat. Saat ini life style back to nuture mulai bermunculan di atas kesadaran akan pentingnya konsumsi makanan berbahan alami. Berbagai macam diet, atau pun terapi dilakukan, nah! Mencegah lebih  baik dari pada memperbaiki, jadi mesti kita jaga kesehatan kita ya… dengan makanan makanan sehat dan alami, misalnya salah satu cemilan sehat adalah chips yang terbuat dari sayur dan buah.

 

Salah satu pengusaha pria bernama Faraitody, yang juga lulusan S2 di Universitas Bina Nusantara, saat ini menggeluti chips dari buah dan sayuran yang dikeringkan. Awal usaha dikarenakan bosan menjadi pegawai di Jakarta akhirnya ia Hijrah ke Bandung dengan niat memulai usaha. Berawal dari pedagang buah segar, tidak lama hanya 1 tahun karena gak punya pengalaman (banyak buah yang dibuang per 5 hari karena saya nya sewenang-wenang menaikkan harga karena laris, walhasil pengunjung pun sepi hehe… Beralih ke pedagang keripik. Keripik nya rame trus bikin sendiri, dengan merk sendiri. Khususnya Keripik Ubi Ungu Kreeoks Chips, kami hanya menggunakan bahan baku dan produk akhir grade 1 tidak dicampur dengan grade 2 dst nya. Dlm komposisi dan pemilihan bahan baku nya tidak menggunakan pemanis buatan, gluten dan TBHQ free. Bisa dikonsumsi oleh anak berkebutuhan khusus (autism). Selain itu rasa dan tekstur keripik nya baik sekali.

 

Dalam menjalankan usaha terkendala, hal seperti ini padat modal karena kemasan modern harus dipesan dalam jumlah besar. Lalu para distributor meminta pembayaran tempo sedangkan untuk belanja bahan baku mesti dibayar tunai. Jadi harus pintar pinternya kita bertrategi dalam cash flow hehehhee…

Hal yang menarik waktu awal dulu, setelah selesai melakukan produksi pertama keripik ini, ada kenalan yang menawari agar keripik ini di launcing sekaligus dilakukan test market di Luar Negeri, yaitu di India pada tahun 2009. Dan alhamdulillah habis terjual semua. Itu lah yang membuat kami optimis setelah nya.

Pencapaikan yang paling menyenangkan dalam menjalani bisnis ini alhamdulilah bisa ekspor sejak tahun 2010 dan ikut pameran di luar negeri (gratis) yang difasilitasi oleh pemerintah khususnya Dinas Perdagangan dan Dirjen PEN.

Hal ini tidak jauh dari berkah dan izin Allah SWT  dan selanjutnya dukungan dari keluarga terutama Istri, karena beliau lah yang rela saya keluar dari kantor untuk menjadi pengusaha. Dan beliau yang menciptakan 2 merk produk kami saat ini.

Saya berbisnis ini dikarenakan pertama, karena sudah takdir nya. Kedua, karena memang diniat dan usahakan setelah bosan menjadi pegawai dengan rutinitas yang begitu-begitu saja (statis) sahut ujar Tody. Nah loch! Klo mau usaha harus diniatkan dan di lakukan alias action …

 

Perkara masa depan mari kita serahkan kepada Allah saja, karena Dia satu-satu nya yang mengetahui perkara ghaib. Tugas kita hanya menjalankan perintah nya. Barangsiapa yang bertaqwa maka Allah akan berikan jalan keluar untuk setiap permasalahan kita. So.. terus lakukan ikhtiyar, beribadah, berdoa dan tawakkal.

Seperti yang disabdakan oleh Nabi Muhammad: “Kenalilah (ingatlah) Allah  di waktu senang pasti Allah  akan mengenalimu di waktu sempit.” (HR. Tirmidzi). Yang saya rasakan, dengan menjadi pengusaha maka kebutuhan kita untuk tawakkal itu semakin sering. Dan tidak ada yang dapat menolong kita kecuali Allah SWT. Nah! Hal ini mungkin mengapa berdagang menjadi salah satu pekerjaan yang di anjurkan di dalam Islam, karena kita harus sering dan lebih dekat dengan sang Pencipta.

Jadi yang mau memulai bisnis, mulai lah dengan Bismillah, lalu iktiyar, berdoa dan tawakkal. Seperti tagline salah satu marketplace yang terkenal itu: Mulai aja dulu. Buat produknya.

 

Apa rencana atau project Anda dalam waktu dekat ini? Rencana kedepan ingin menambah negara tujuan ekspor untuk produk Kreeoks Chips dan melakukan diversifikasi usaha. Dengan impian Dikabulkan nya doa saya ini: Ya Allah, karuniakan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka. Amin

Nah! Itu dia cerita inspiratif dari kang Tody, jangan lupa kalian bisa cek website nya dan follow instagram nya sambil baca fesblog sambil nyemil sehat dengan Kreeoks Chips.

Categories: Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *