Penari Tradisional Pembawa Inspirasi

post-img

Remaja muda dengan gagahnya menampilkan tarian khas Cirebonan, semua gerakan sangat serasi dengan iringan musik tradisional gambelan yang dinamis, dengan ritme yang naik turun membuat para penonton terpaku melihat tarian yang di ditampilkan oleh Alif Irawan siswa SLB-B Pancaran Kasih Kota Cirebon. Tarian ini menggambarkan tentang seorang panglima perang yang gagah berani.
Setelah itu di lanjutkan tampikan dua gadis remaja yang menyajikan tampikan tarian khas dari kuningan, dengan tampilan dan pengiring gambelan dengan tempo cepat pula.
Tampilan tiga gadis bernama Diah Opah dan Windy dari SLB-B Sindang Laut Cirebon pun tampil dengan dominan warna kuning memukau dengan ritme tarian yang dinamis pun membuat para penonton terpukau. Mereka mengenakan kaca mata hitam sebagai atraksi, pada bagian akhir tarian. Semua gerakan yang indah dan sesuai dengan nada musik gambelan pengiring, selalu membuat memukau pentonton. Mereka tampak terbiasa, terlatih dan seperti penari remaja profesional.

Itulah sekilas gambaran mengenai penari remaja yang hadir dalam acara Literasi Sekolah berkebutuhan khusus tingkat Jawa Barat, Maret 2018.
Para penari remaja ini sangat cekatan dan tampak seperti orang pada umumnya, meskipun mereka memiliki keterbatasan dalam pendengaran, bahkan kita tidak akan menyangka klo… mereka bisa menari seperti orang profesional umumnya. Mereka dapat menari dengan kompak dan serasi meskipun tidak bisa mendengar iringan musik yang mengirinya. Mereka hanya melihat satu kode atau tanda dari guru nya untuk memulai setelah itu mereka menari sendiri dengan lihai, dan tentunya sesuai dengan ketukan dari iringan musik gambelan.
“anak remaja tunarungu yang pandai menari ini bisa tampil kompak dengan bantuan isyarat dari guru ataupun mereka bisa memperkirakan dari getaran dari musik pengiringnya” ungkap ibu Umi Sangadah salah seorang guru tari dari SLB-B Pancaran Kasih Cirebon.

Berbagai penampilan lainnya seperti menyanyi dan berpuisi di panggung dari adik-adik yang tuna netra pun, memukau semua orang yang semua pentonton termasuk saya. ini adalah acara unjuk kabisa ini tampil dari seluruh Sekloah Luar Biasa perwakilan dari kabupaten dan kota di Jawa Barat.
Melalui acara ini diharapkan memberikan kesadaran kepada kita semua untuk saling memberikan dan perhatian khusus dan kepedulian kita kepada orang sekitar terutama orang yang memiliki kebutuhan khusus.
Membantu mereka menjadi mandiri dalam masyarakat, sehingga kita semua dapat berkontribusi untuk bangsa dan negara.

Banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil dari acara¬† unjuk kabisa dari teman kita ini. Dimana kita harus sadar bahwa¬† “Semua orang memiliki keterbatasan, baik saya dan kamu tidak ada yang sempurna. Namun dengan ketidak sempuranaan itu, tidak boleh menjadi penghalang bagi kita untuk tetap maju dan berkarya dalam hidup.
Mensyukuri apa yang ada dan tetap berjuang, melakukan yang terbaik dan tidak ada kata menyerah” liputan Fesmus Blog (Fesblog)

Photo koleksi pribadi penari remaja

Leave a reply

Message

Name

Website