Apa yang terbayangkan ketika tiba-tiba harus ke Korea Selatan girl ? Pasti yang terkenal adalah K-drama, K-Pop, kosmetik berkelas di kawasan Myengdong dengan kemasan lucu dan elegant, tempat wisata yang khas atau kerennya anak-anak muda Korea yang kreatif. Saat ini juga dikembangkan wisata kuliner untuk muslim di Korea Selatan sehingga kita tidak  usah kuatir mencari makanan halal. Saya seorang hijaber sendiri punya ketertarikan yang berbeda yaitu : teknologi dan kampusnya ! disini saya akan berbagi buat fesmuser sebagai inspirasi buat kita semua ya…

Korea Selatan terkenal dengan teknologi disegala bidang : pertanian, pariwisata, manufaktur transfortasi juga komunikasi.  Di Korea Selatan bahkan pekerjaan rumah sehari-hari sangat berbasis teknologi. Saya langsung merasakan kecanggihan teknologi di Korea Selatan sejak tiba di Bandara Incheon. Sistem pengambilan kopor, booking kendaraan atau jalur subway melalui aplikasi bahkan informasipun sudah diwakilin robot pemandu bandara berwarna putih yang wara-wiri menjawab pertanyaan dari turis. Pada perut robot ini terdapat  LCD, robot dilengkapi dengan kamera dan ultrasonik sekaligus sensor untuk mengatur dia bergerak. Bila kita berpapasan dan‘say hi si robot ini akan mengenai suara kita dan menyensor bahasa kita, keren pokoknya !

Kehidupan sehari-hari di Korea Selatan serba digital dan mempunyai koneksi internet super cepat hampir di semua tempat (kecepatan rata-rata 28,6 Mbps). Dengan mobilitas yang tinggi, mereka mendapat banyak kemudahan dari mulai pembayaran system e-money, kunci rumah digital, pemesanan makanan yang otomatis sampai makanan siap untuk diambil, ada juga shopping cart yang mempermudah kita belanja dengan keranjangnya atau virtual store dimana-mana.

Ternyata Korea Selatan paling banyak menghabiskan dana untuk penelitian, inovasi di bidang teknologi dan pengembangannya sehingga lebih maju beberapa tahap dibanding Negara lainnya. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang keren ini dikembangkan di kampus-kampus yang mampu melahirkan para peneliti yang inovasi dan membantu Korea Selatan lepas dari ketergantungan teknologi dari Negara maju lain. Korea Selatan membangun teknologinya sendiri dan menyusul Jepang dan Jerman. Indonesia akan mencontoh dan belajar pada Korea Selatan dalam menerapkan teknologi dengan mengadakan pertemuan di seminar-seminar internasional.

Kampus-kampus tempat hasil riset dan penelitian ini dilahirkan juga begitu canggihnya dalam penerapan teknologi. Selain tertata rapih dan hijau kampus-kampus yang saya temui begitu teratur dan membantu para mahasiswa. Beberapa contoh kecanggihan mesin pelayanan yang saya temui adalah di University of Seoul berupa mesin untuk pencetakan ijazah dan transkrip nilai, mesin pemesanan makanan, mesin pencarian buku dan fasilitas lainnya di perpustakaan. Saya juga sempat berkunjung ke asrama mahasiswa yang super canggih lengkap dengan fasilitas belajar, mencuci bahkan memasak yang semuanya serba digital.

Kyung Hee University juga tidak kalah canggih dan menarik kampusnya terutama di musim gugur. Saya banyak menemui bangunan bergaya klasik yang megah dan kontras dengan daun –daun pohon maple disekitarnya. Benar-benar sisi kehidupan yang jarang diekspos keindahannya ! Kampus lainnya yang bersejarah adalah Sunkyungkwan University yang masih berada di Seoul dan mempunyai 2 sisi yaitu modern campus dan old campus.  Pada bagian depan Kampus terdapat kompleks Daeseongjeon sebagai pusat pendidikan jaman dahulu lengkap dengan asramanya (Dongjae dan Seojae dormitories) dijaman dinasti Joseon. Gedung ini diabadikan dalam uang kertas Korea Selatan pecahan 1000 Won. Bagian depan bangunan asli yang dibangun pada 1398 dan telah direnovasi pada 1869 dan masih tertata rapi dan kokoh lengkap dengan pohon Gingkyo berusia 600 tahun. Sedangkan kampus barus tepat berada di belakangnya dan sangat luas. Kampus ini tampilannya sungguh modern dengan fasilitas belajar yang menyerupai café sehingga sangat nyaman digunakan mahasiswa.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi kampus-kampus keren ini bila trip ke Korea Selatan ya. Semoga hal ini menjadi inspirasi kita agar lebih maju dan membangun ekonomi bangsa yang lebih baik, dengan jalan yang benar dan mendapat rahmat dan Ridho Allah SWT, Amin YRB oleh  Yani Nurhayanti untuk fesblog di fesmus.com

 

Photo koleksi pribadi

Categories: Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *