Air sebagai sumber kehidupan, karena hampir semua mahluk hidup membutuhkan air sebagai materi untuk organ tubuhnya. Air sebagai media hidup ikan, air sebagai materi penting dalam pertumbuhan hewan dan tamanan, termasuk manusia. Manusia perlu air untuk mencukupi kebutuhan tubuh yang di dominasi air. Salah satu manfaat air adalah sebagai media untuk membersihkan diri, atau mensucikan diri, yakni dengan bermandi. Ketika cuaca dingin, enaknya mandi dengan air panas betul? pada kesempatan ini kita coba bahas mengenai beberapa manfaat bermandi air panas versi fesblog.

1) Seperti kita ketahui, suhu yang lebih panas cenderung membunuh kuman lebih banyak. Makanya, mandi dengan air panas dapat bersihkan tubuh. Sebagai media pembersih alami dan membatu pengeluaran kotoran melalui keringat. Mesti diingat suhu air panas juga sangat mempengaruhi banyak bakteri atau kuman selain kwalitas sumber airnya. Misal air pam yang dipanaskan untuk di rumah.  

2) Studi menunjukkan bahwa pemandian air panas meningkatkan fleksibilitas otot dan juga membantu melemaskan otot yang sakit. Hal ini sangat membantu kita untuk mengurangi rasa pegal-pegal dari otot yang kecapkan setelah beraktifitas atau berolah raga.

3) Mandi air panas mempermundah mengurangi ketegangan otot sekitar leher dan kepala, singga dapat menlancarkan aliran darah ke otak. Sehingga kita merasa ringan, namun hati- hati juga jika bermandikan dengan panas yang sangat tinggi dan waktu lama, akan berdapak pusing dan dehidrasi.

4)Mandi air panas juga bermanfaat untuk mengatasi batuk dan pilek saat uap membantu membersihkan saluran napas dan menghilangkan tenggorokan dan hidung Anda. Bisa di campur airnya dengan aroma therapy, seperti mint, lavender, atau parfume yang kamu sukai sehingga mendapat aroma therapy sekaligus.

5) Mengurangi kepenatan, karena badan menjadi lebih relex dan aliran darah menjadi lebih lancar. Badan terasa lebih ringan dan santai.

Selain itu kita kondisi-kondisi tertentu bilamana kita ingin bermandi dengan menggunakan air panas.

  • Berdasarkan usia kita
    Bagi anak muda, disarankan mandi dengan air dingin. Bagi orang tua dan anak muda, disarankan mandi dengan air panas. Tetapi jika Anda seorang siswa dan berdedikasi untuk lebih banyak belajar, mandi dengan air dingin akan bermanfaat bagi Anda.
  • Bentuk tubuh
    Kenali bentuk tubuh kita karena akan cocok dengan kebutuhan tubuh kita. Jika tipe tubuh Pitta (badan ideal), lebih baik Anda menggunakan air dingin untuk mandi, dan jika tipe tubuh Anda Kapha atau Vata, gunakan air panas.
  • Kegiatan yang sering dilakukan
    Kita memiliki kegiatan yang berbeda beda, klo sering berolahraga secara teratur, disarankan mandi air panas karenan akan membuat relax otot yang sudah olah raga. Misalnya setelah fitness di gym, atau olah raga lainya cocok mandi dengan air panas, karena  dapat menghilangkan kekakuan otot tubuh, seperti di pundak atau bagian lainnya setelah olah raga.
  • Kapan waktu tepat untuk mandi
    Ketika dalam keadaan sehat, kita bisa mandi di pagi hari, ada baiknya mandi dengan air dingin.  Namun di saat malam hari, mandi air panas akan membantu kita merasa rileks dan mempercepat lagi. Karena waktu malam didominasi oleh Vata, mandi dengan air panas akan bermanfaat.

(catatan: pengelompokan berdasarkan bentuk tubuh dari India
Vita = relative kurus Pitta = bentuk badan ideal Kappa = bentuk badan gemuk)

Jika sudah bosan mandi air panas di rumah bisa datang ke pemandian air panas umum, sambil mencari suasana baru atau coba liburan untuk mendapatkan manfaat air panas alami, salah satunya sumber air panas dari kawasan pengunungan. Air panas alami mengandung mineral magnesium sulfat yang banyak dan suhu yang berkisar 40 derajat menjadi alternaitif.
Dengan Pilihan kolam renang umum bisa untuk anak dan dewasa, kamar rendam, kamar bilas, dan kolam teraphy, semua itu ada di area Tirtagangga hot spring water di Cipanas Garut. Kita bisa mengajak teman, sahabat, saudara, bahkan kakek atau pun nenek untuk menikmati manfaat air panas di tempat ini.
Tapi ingat ya! Klo mandi atau berenang dengan air panas di anjurkan tidak lebih dari 30 menit, karena bisa membuat kita dehidrasi atau kecepkan, dan perlu diperhatikan bagi penderita penyakit berat tertentu harus lebih berhati-hati.
Nah! Selain  nyaman bermandi air panas dan bermanfaat juga, semoga kita selalu diberikan kesehatan agar bisa lebih aktif dalam menjalani hidup sebagai ibadah, amin.  Liputan fesmus blog untuk Fesmus.com

Categories: Informasi Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *