Tahun ini adanya pandemi corona virus menjadi pengalaman yang sangat besar dalam hidup kita. Suatu situasi baru yang kita hadapi ini cukup membuat kita panik, karena dampak corona virus ini tidak lah kecil. Corona Virus atau sering di sebut Covid-19 ini dapat menular dan menyerang sistem pernafasan dan dapat mengancam kematian seseorang, karena itu kita di minta untuk menjaga kesehatan agar imune tubuh kita tetap optimal. Social distancing, (jaga jarak dengan orang), Sering melakukan cuci tangan, menggunakan masker saat terpaksa keluar rumah. Semua tempat keramaian di tutup loch… untuk mencegah penyebaran virus ini, work from home (kerja dari rumah), beraktifitas di rumah, ibadah dari rumah. Banyak sekali pusat perkantoran, sekolah, hotel, mall dan fasilitas umum lainnya yang di tutup sementara waktu. Kangen rasanya kita bisa kumpul sama keluarga, teman, atau nangkring bersama di cafe atau pusat keramaian lainnya.

Banyak pula dampak ekonomi yang terjadi, banyak pemutusan kerja (PHK) dari karyawan, terus tidak bisa jualan karena harus tutup tempat usahanya, banyak yang benting setir jualan dari fashion, jasa lainnya ke makanan dan minuman siap jadi. Semua usaha di lakukan untuk bertahan di masa pandemi corona ini. Semoga kita diberikan kesehatan dan keselamatan dalam ujian ini ya… Fesmuser. Nah! sekarang kita akan review kesempatan business apa saja yang akan bertahan di saat corona mengalami penurunan atau sering The New Normal setelah masa pandemi ini. Prilaku dan polo pikir setelah pandemi covid 19 ini telah merubah mindset masyarakat. Seperti masker menjadi hal kebutuhan, bahakan into Fashion style, jaga jarak aman (tidak ada kumpulan orang lebih dari 3/5 orang), penggunakan internet yang meningkat daring, baik untuk sekolah, atau kegiatan lainnya, bahkan trend work from home bisa berlanjut untuk beberapa perusahaan besar terutama startup digital, trend kosmetik dan kesehatan yang menjadi lebih mempertimbankan bahan anti virus dan bakteri. Pernikahan, khotbah yang dilakukan secara virtual. Dan banyak lagi perubahan yang terjadi di masyarakat dan dunia kita.

Dari masa pandemic ini pastinya banyak hikmah yang diberikan oleh Allah SWT, selain banyak perubahan timbul pula kesempatan bisnis yang menjadi semakin besar setelah masa pandemi corona. Kita simak ya…

1. Trend F&B yang menjadi lebih simple tidak hanya makanan siap santap, restaurant atau café yang akan dibatasi jumlah pengunjungnya, atau dari GoFood, GrabFood, menjadi meningkat. Persediaan bahan makanan dan minuman sang siap masak juga mengalami peningkatan, sayuran segar, daging dan frozen food, menjadi alternative bagi konsumen. Kwalitas makanan dan minuman yang baik, sehat dan praktis akan menjadi trend, sehingga merubah gaya beli masyarakat yang biasa ke mall menjadi online. Dimana semua pelaku usaha ini memasarkan produknya secara daring menggunakan social media.

2. Hiburan, menjadi terbatas tidak ada kumpulan banyak orang, tidak ada konser offline, meningkatnya contnt dan promoting content dari UMKM secara online, hiburan lebih banyak di dapat dari social media, Instagram, tiktok, youtube, online video streaming and film, online cooking classes, atau fitness at home

3. Pendidikan, olah raga, dan sejenisnya berbubah menjadi kelas virtual, online course, dan online fitness class.

4. Industri jasa, yang lebih sedikit tatap muka langsung, perbaikan jasa pengiriman yang lebih cepat lebih, pelayanan Bank jarak jauh menggunakan aplikasi, pengunaan masker pada saat di salon atau potong rambut bisa jadi salah cara.

5. Bidang Kesehatan dan teknologi Kesehatan,– pharmaceuticals, obat herbal maupun supplements, medical devices, personal protective equipment (PPE), telemedicine, smart hospitals and online consultations, digital medical assistants, apps and mini-apps, self-diagnosing medical devices. Menjadi trend yang kian memberikan peluang di post pandemic.

6. Alat electronic, seperti mesin cuci, alat setrilisasi, robot penyapu, saringan udara, pendingin udara, dan alat elektronik lainya yang berbau anti virus corona menjadi memiliki peluang

7. Penurunan biaya perkantoran, dikarenakan ada kebijakan kerja dari rumah, sehingga space Office cost menjadi lebih turun, disbanding sebelumnya.

8. Bidang teknologi dan komunikasi, provide to virtual meeting seperti aplikasi interaktif internet, yang lebih baik dan cepat dengan harga terjangkau, karena dengan adanya pandemic ini banyak hal yang beralih secara digital menggunakan internet sebagai solusi. Pemanfaatan internet menjadi lebih besar di banding sebelumnya. Kesempatan bisnis untuk startup untuk memberikan solusi terbaik untuk masyarkat menjadi lebih luas.

9. Bidang energi listrik, menjadi salah satu penentu lagi, karena banyak kegiatan yang di lakukan di rumah dan banyak menggukanan energi listik. Alternative solar sell menjadi alternative dari pengurangan biaya listrik.

Gaya hidup baru setelah pandemic corona virus menjadi wajib dilakukan selain untuk menjaga Kesehatan pribadi dan menjaga keselamatan orang sekitar juga. Siap berubah menjadi lebih baik, So… keep semangat semua fesmuser tetap berusaha dan berdoa, yakin Allah SWT selalu bersama kita semua…

photo source by pexels

Categories: Informasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *