Sering kali kita mendengarkan mengenai istilah branding terlebih datang dari orang yang berkecimpung dengan dunia marketing. Branding tidak hanya penting untuk product atau jasa yang di kita jual. Branding pun sangat penting untuk personal atau pribadi kita. Personal branding ini melekat dalam pribadi sebagai pelaku usaha bisnis.

Personal branding belaku untuk pribadi berperan dalam kesuksesan dalam berkarir secara profesional, ketika bersaing dalam interview pekerjaan, ketika menghadapi, rotasi, promosi, demosi, atau termination, hal ini diperlukan sebagai bahan pertimbangan dari perusahaan dalam mengambil keputusan.

 

Dari sisi sebagai entrepreneurs, ketika kita menghadapi investors, atau client atau konsumen, untuk memenangkan tender, dan lainnya yang terkait keputusan pembelian.

Personal branding akan terbentuk melalui banyak hal seperti:

Latarbelakang social ekonomi, bagaimana cara berbicara, bertingkah laku, berpenampilan, cara menghadapi masalah,  dan banyak hal lainnya yang menjadi kebiasaan dan diketahui oleh orang banyak. Coba kita ungkap cara penampikan gaya startup digital, mereka lebih sering menggunakan kaos, celana jeans, tampak lebih santai. Hal ini berbeda dengan seorang pekerja kantoran missal keuangan, mereka lebih tampak formal dengan dasi dan berjas. Pakaian yang digunakan menjadi salah satu komponen dari branding kita.

Komunikasi sebagai bahan pembentukan pencitraan diri, hal komunikasi ini terlihat dari cara berbicara secara tatap muka langsung atau pun melalui media social, seperti Instagram, Facebook, youtube channel. Bagai mana cara kita berbicara di depan umum, atau group atau individual. Positing photo apa yang akan di tampikan dan bagaimana quote yang akan ditulis. Terus image apa yang ingin di tampikan harus dapat kita sesuaikan dengan impian atau cita-cita yang ingin dicapai.

 

Sebagai contoh, selebritis Indonesia yang banyak di kenal masyarakat dan memiliki ciri khas yaitu Sahrini. Personal branding yang dibangun adalah dia selalu menggunakan barang-barang mewah dan membuat celoteh yang menjadi bahan pembicaraan di masyarakat. Melaui tampilan, dan gaya bicara nya berhasil mendongkrak dirinya menjadi salah satu artist yang diperhitungkan.
Hotman paris, dengan tampilan kasul dan perlente, mewah dan bercincin berlian menjadi ciri khas dia, sebagai salah satu pengacara yang sukses di Indonesia.

Dari dua contoh di atas bisa kita bandingkan, dan evaluasi pada diri kita sendiri.  Sesuai dengan impian dan cita-cita kamu sebelumnya.

 

Maka dari saat ini mulai lakukan pesiapan bagaimana pencitraan yang akan di tampilkan dan harus konsisten untuk mendukung profesi yang akan digeluti. Pembentukan personal branding ini memerlukan proses dan waktu, namun jika sudah terbiasa akan menjadi mudah dan langsung berdampak pada karir kita. Selamat membentuk brand image diri dengan niat iklas dan tetap berkontribusi dalam hal positip serta tidak lupa untuk meningkatkan ibadah kita pada Ilahi Robbi. Nara sumber Yogie Berlian Orange Jaya Consultant.

Photo source Pexels

Categories: Informasi Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *