Lifestyle saat ini sangat lah berbeda dengan waktu dulu, salah satunya terkait dengan makanan. Gaya hidup saat ini hampir tidak jauh jauh dari makanan yang menjadi trend. Banyak sekali acara televisi, di social media yang mengungkap mengenai makanan baik tradisional, modern, dan berbagai macam kreatifitas yang menjadi inspirasi buat banyak orang. Salah satu peran penting dalam dunia makanan adalah Chef, wow! Posisi yang bergengsi bisa di peroleh dengan menjadi seorang Chef, baik pendapatan, bahkan menjadi terkenal.

Menjadi seorang Chef profesional merupakan pekerjaan yang diimpikan oleh banyak orang, tapi tidak mudah mudah untuk dicapai. Banyak tantangan yang harus dilalui seorang pemula untuk dapat diakui sebagai seorang Chef. Pendidikan yang tinggi di sekolah kuliner pun tidak menjamin seseorang bisa mudah diterima bekerja di restoran atau hotel ternama, apalagi diakui sebagai seorang chef. Hal itu tidak berlaku bagi Reynaldi(23), chef muda yang kini bekerja di Zero Gravity Dubai, Uni Emirat Arab.

Mari kita simak cerita seorang lulusan SMK, seperti Reynaldi untuk bisa memperoleh pekerjaan apalagi di salah satu restoran/hotel ternama di Dubai, tapi Reynaldi bisa membuktikan bahwa dirinya mampu dan layak diperhitungkan sebagai salah satu chef hebat di Dubai, di usianya yang masih sangat muda dia telah memperoleh berbagai penghargaan di ajang internasional diantaranya pada bulan Februari 2018, ia memperoleh medali perunggu di kompetisi Fish  & Seafood Practical Cookery di kompetisi kuliner WTC di Dubai dan sekarang pun dia tengah mengikuti kompetisi  Goldens Chef’s Hat dari Nestle.

Perjalanan karier Rere sapaan akrab Reynaldi dimulai saat dia bekerja sebagai pegawai magang di hotel Hilton Bandung, sampai kemudian ia berangkat ke Dubai, disana ia bekerja di salah satu restoran di Dubai selama 6 bulan, tetapi tak disangka, restoran tempat dia bekerja harus ditutup, sehingga ia terpaksa mencari pekerjaan lain. Akhirnya dia mendapatkan pekerjaan sebagai junior chef di redstarwork.com restaurant di Dubai, kemudian di 2015 dia pindah bekerja di Hilton Garden Inn MOE Dubai dan akhirnya di Februari 2017 dia bergabung di Zero Gravity sebagai commis I/junior chef. Rere merasa dengan bekal dasar pengetahuannya tentang hotel dan dunia kuliner ia dapatkan dari almamaternya yaitu SMKN 15 Bandung. Selama bersekolah di SMKN 15 Bandung ia mengaku mendapatkan banyak bekal ilmu dan pengalaman yang sangat menunjang ketika ia bekerja di berbagai hotel. Ia menambahkan, tidak hanya ilmu yang ia dapatkan ketika belajar di SMKN 15 bandung, tetapi juga kedisiplinan, sikap dan etos kerja juga ditempa disana. Setelah lulus dan  menjadi chef di luar negeri pun, Rere tidak melupakan almamaternya, SMK N 15 Bandung, ia sering mengunjungi alamamaternya tesebut untuk membagikan ilmu dan pengalaman selama ia berada di luar negeri, seperti yang jum’at, 10 Agustus kemarin, ia diminta menjadi motivator untuk adik-adik kelasnya yang bercita-cita menjadi chef seperti dirinya di acara Bursa Kerja Khusus SMKN 15 Bandung.

Ia memberikan tips bahwa untuk menjadi seorang chef, tidak hanya dibutuhkan pendidikan yang tinggi tetapi juga kedisiplinan, kreatifitas dan semangat untuk terus belajar, serta menerima pengetahuan dari berbagai sumber. Tetap belajar untuk menjadi yang terbaik terakhir, jangan lupa untuk tetap berdoa dan beribadah, agar semua apaun kegiatan kita mendapat Ridho dan menjadi amal kebaikan buat kita.

Photo source personal & pexels

Categories: Informasi Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *