Ceritaku pelangi seorang ibu rumah tangga yang bekerja, dan punya hobi menulis ini. Hari minggu biasa klo tidak kumpul dengan keluarga tercinta, di rumah atau keluar rumah. Nah! sambil cerita tentang kami sekeluarga melancong ke Semarang, pulang ke kampung nya nya Pak suami. Kami tidak memilih naik pesawat karena saat itu harga nya cukup mahal… maklum musim liburan sekolah, jadi akhirnya kami memutuskan untuk berlibur menggunakan kereta.

Terus terang saya udah lama banget gak naik kereta ke luar daerah, paling jauh ke Bogor itu juga naik commuter line 😀 Tapi sebagai pengguna kereta dari 10 tahun yang lalu dengan route yang kurang lebih sama, memang Kereta Api Indonesia banyak banget melakukan perubahan, boleh lah kalau saya bilang KAI melakukan revolusi di setiap lini nya… dari mulai pegawai nya, sampai merubah mental para pengguna nya… plusssss merubah mental para pedagang dan pengemis yang biasa berkeliaran di kereta maupun di stasiun kereta 😀

Hari H, kami berangkat naik Kereta Argo, berangkat jam 07:00 pagi, kami tiba di Stasiun Gambir jam 06:00 pagi taaaarraaaaa…. Ternyata sekarang Gambir beda, sudah rapih dan bersih… Tiket kereta pun sekarang kami bisa print manual di mesin print tiket yang sudah tersedia di Gambir, bisa ketik-ketik nomor kode booking nya, atau cukup scan dengan mesin scanner yang juga sudah tersedia… Okay you can call me norak, tapi untuk saya that was something new… hahahahaha…

Pintu masuk masih di tutup dan baru dibuka jam 06:30, mungkin maksudnya supaya para penumpang gak numpuk saat nunggu kereta tiba, seneng nya penumpang sekarang nurut antri in line dan gak perlu desek-desekan. Begitu sudah ada pengumuman untuk penumpang kereta argo bisa naik ke platform, then kita naik ke platform untuk tunggu kereta tiba, daaaaannn informasi yang diberikan sangat precise, mereka info untuk gerbong nomor sekian sampai sekian di mana kami harus menunggu, pada saat naik ke gerbong pun gak perlu rebutan lagi, penumpang pun dengan senang hati mengantri.

The amazing thing was… Kereta Argo bergerak berangkat tepat jam 07:00… I was just like WOW!!! It’s totally revolution. Duh… salah aja saya udah su’udzon, saya pikir kereta bakal telat-telat 15-30 menit berangkatnya… karena biasa nya begitu… hehehehe…

Seat kami bukan di kelas VIP, tapi kami sudah bisa menikmati reclining seat, foot rest, plus itu bangku kereta nya bisa di puter-puter jadi hadap-hadapan, beda nya sekarang puter-puter bangku hanya butuh waktu beberapa detik sajah, gak seperti dulu yang kalau puter bangku aja rasanya seret banget dan bikin susah.

First thing first… saya cek toilet nya… another “nganga” moment… hahahahaha… ada 2 toilet di setiap gerbong, toilet duduk dan toilet jongkok…. Dan toilet nya bersih looohhhhh… gak khawatir bau plus tissue juga selalu tersedia sepanjang perjalanan, rupayanya setiap satu jam sekali ada OB yang keliling dan bebersih.

Sepanjang jalan naik kereta Argo, kita berhenti di beberapa stasiun besar, mungkin sekitar 5 stasiun, tapi sekarang setiap kereta berhenti di stasiun, gak akan denger lagi para pedagang asongan berteriak “cangcimen-cangcimen” nya 🙂

6 jam perjalanan dari Gambir sampai Semarang, bahkan sampai stasiun tujuan pun kereta tepat waktu… keren kan?! Tapi saya pikir mungkin karena kereta yang kami tumpangi ini kereta Argo, alias kereta yang agak mahalan dikit, jadi semua fasilitas TOP dan perjalanan tepat waktu, karena biasanya memang kereta-kereta ekonomi harus menyingkir dulu untuk memberi jalan kereta Argo yang mau lewat.

Nah… I was wrong… pulang dari Semarang, kami naik kereta AC ekonomi kelas bisnis, yang pemberhetian nya lebih banyak dan waktu tempuh sekitar 7 jam sampai ke Stasiun Senen. Kami memang tidak bisa merasakan reclining seat atau foot rest, tapi kereta ini cukup nyaman daaaannn …..tepat waktu.

Semoga semua layanan transpormasi umum di Indonesia semakin lebih baik, nyaman, aman dan modern, dengan harga yang tetap terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Cerita pribadi Pelangi untuk Fesmus blog (Fesblog).

Categories: Informasi Lifestyle

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *